Kamis, 16 Agustus 2012

Walak Inane

WI News.Ada sebuah Maha Karya seorang Intelerekual menemukan fonologi bahasa Walak. Walak adalah salah Suku terkecil diantara suku-suku besar pengunungan Papua. Mengapa Walak sebuah suku karena dia mampu menunjukkan identitsnya sebagai sebuah suku karena memiliki karakteristik sosial kemasyarakatannya. Salah satu unsur - karakteristik budaya, yaitu bahasa dan dialeg. Dia mampu menemukan fonologinya yang ditemukan oleh Rev.Markus Kilungga, S.Th. Beliau bukan seorang sarjana linguistik, namun beliau mampu menunjukkan kemampuan teori kebahasaan terhadap para pakar bahasa lain yang tergabung dalam Summer Institute of Lenguage ( SIL).
Salah bukti adalah melalui karyanya yang berjudul
An nane il walkabuk: walak wene erlo emekwi mende inake = Bahasaku tiada taranya: buku bacaan murid dalam bahasa Walak. 2001.


Ini merupakan sebuah bukti inteletual seorang Markus Kilungga dengan talentanya mampu menunjukkan meraih penghargaan oleh para pakar bahasa orang Luar maupun dalam negeri. Beliau sementara selaku Koordinator Penerjemahan Alkitab bahasa Walak . Sambil mengkoordinir proyek penerjemahan ini dia juga sedang belajar di negeri paman Sam Amerika Serikat tepat  di San Francisco, Santa Barbara.
Jika ingin mengetahui kegiatan beliau di proyek penerjemahan Alkitab bahasa Walak kunjungi disini link LAI http://www.alkitab.or.id/index.php?option=com_content&task=view&id=246.
Demikian kegiatan seorang Markus dan teman-teman timnya. Martinus Gombo,S.Th serta Wilhelmus Kilungga, S.Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar